Thursday, October 5, 2017

ciri-ciri hexapoda

ciri-ciri hexapoda – hexapoda (dari bahasa yunani yang berfaedah enam kaki) adalah faksi arthropoda yang terbesar dibumi (dalam keadaan besaran genus)

ubphylum hexapoda, termasuk serangga bersama tiga faksi yang lebih minim dari arthropoda bersayap: collembola, protura, serta diplura (segala binatang itu sempat diduga serangga). collembola (alias springtail) amat banyak di kawasan bumi.

julukan hexapoda dikasihkan karna karakteristik yang setidaknya eksklusif mereka ialah toraks yang ada tiga pasang kaki. mayoritas arthropoda lain ada lebih dari tiga pasang kaki.

hexapoda ada badan yang terbelah jadi kepala, dada, serta perut kemudian serta anterior. kepala terdiri dari acron presegmental yang kebanyakan ada mata (enggak ada pada protura serta diplura), diikuti oleh enam bagian, segala akrab berpadu bersama-sama, atas aksesori selanjutnya:



mulut terdapat di antara bagian keempat serta kelima serta ditutupi oleh antisipasi dari bagian keenam, yang dikenal labrum (bingkai berdasarkan). dalam serangga mulut terbuka alias ectognathous, sementara di faksi lain mereka melingkupi alias endognathous. aksesori sebagai ditemui pada kepala myriapoda serta crustacea, walaupun ini ada antena inferior.

thorax terdiri dari tiga bagian, per ada satu pasang kaki. serupa eksklusif arthropoda menyesuaikan atas kehidupan di bumi, per kaki cuma ada agen bepergian ahad yang terdiri dari lima bagian, tanpa agen insang ditemui di sebagian arthropoda lainnya.

hexapoda

dalam mayoritas serangga bagian toraks kedua serta ketiga pula memanggul kapak. sudah menganjurkan kalau ini boleh jadi homolog atas ceranggah insang krustasea, alias mereka boleh jadi sudah dibesarkan dari perpanjangan bagian seorang diri.

No comments:

Post a Comment