Friday, February 5, 2016

Planet Dalam dan Planet Luar serta Benda – Benda Langit Lainnya

Dari artikel sebelumnya kita telah mengetahui delapan planet yang mengelilingi matahari pada tata surya kita. Yakni merkurius, venus, bumi, mars, yupiter yang, saturnus, dan uranus serta neptunus yang memiliki ukuran hampir sama dengan uranus sehingga keduanya disebut sebagai planet kembar.
Dari ke delapan planet tersebut para ahli mengelompokkan planet-planet tersebut menjadi dua kelompok yaitu planet dalam dan planet luar, sebagai berikut.
Planet Dalam 
Penggolongan planet dalam ada dua macam yaitu
1. Berdasarkan orbit bumi, maka planet dalam terdiri dari Merkurius dan Venus.
2.  Berdasarkan keberadaan asteroid planet yang terdapat di antara mars dan yupiter, maka plenet dalam terdiri dari Merkurius, Venus, Bumi dan Mars. 
Planet Luar 
Planet-planet luar merupakan planet yang bukan termasuk dari planet dalam yakni yupiter, saturnus, uranus, dan neptunus.  
Benda-Benda Langit Lainnya 
Selain terdiri dari planet, Tata Surya juga terdiri dari benda-benda langit sebagai anggotanya dengan lintasan yang berbeda.
  • Satelit merupakan benda langit yang selain mengelilingi matahari dia juga mengiringi planet. Satelit dibedakan menjadi dua yaitu satelit buatan dan satelit alam. Satelit yang sudah ada dalam tata surya disebut satelit alam sedangkan satelit yang dibuat oleh manusia disebut satelit buatan.
  • Meteoroid atau bintang beralih merupakan benda langit berukuran kecil yang melayang-layang di angkasa luar. Meteoroid yang kemudian bergesekan dengan atmosfer bumi akan menimbulkan bunga api. Cahaya bunga api tersebut yang disebut dengan meteor disebut juga bintang jatuh atau bintang beralih.
  • Komet disebut juga bintang berekor. Terkadang komet muncul di tata surya dan kita dapat melihanya pada waktu tertentu. Komet Halley merupakan komet yang paling terkenal yang muncul setiap 76 tahun sekali.
  • Asteroid merupaan benda langit yang mengelilingi matahari berukuran kecil dan memiliki lintasan tertentu. Lintasan asteroid pada umumnya terdapat di  antara orbit Mars dan Yupiter. Lintasan asteroid tersebut disebut dengan Sabuk Asteroid. Salah satu asteroid yang terkenal adalah Ceres yang berdiameter 975 km.

Demikian informasi tentang planet dalam dan planet luar serta benda-benda langit penyusun tata surya lainnya. Semoga bermanfaat.



1 comment: