Thursday, March 31, 2016

Mengikuti Cara Jitu Berhenti Merokok untuk Mendapatkan Hidup yang Sehat

Merokok bukan lagi hal yang asing. Kebiasaan ini bahkan telah ada cukup lama. Walau demikian, merokok bukanlah suatu kebiasaan yang bisa dilakukan terus menerus. Seorang perokok harus bisa menemukan cara jitu berhenti merokok karena kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang sangat berbahaya. Dalam hal ini, kebiasaan merokok tidak sekedar merugikan bagi diri si perokok saja. Orang di sekitar perokok pun bisa mendapatkan dampak negatif dari rokok tersebut. Asap yang muncul bisa dengan mudah terhirup dan bahaya rokok pun tersebar dengan mudah. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa perokok pasif memiliki risiko yang parah dan tidak kalah dengan risiko yang dimiliki oleh perokok aktif.

Dalam hal ini, risiko rokok terkait dengan masalah kesehatan. Rokok seperti suatu racun yang terasa enak. Ada beragam zat yang sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian. Ada pula yang menyebutkan bahwa rokok telah menjadi salah satu pembunuh dengan korban yang cukup banyak. Hal ini bisa terjadi karena kanker memicu penyakit berbahaya seperti kanker. Kanker yang muncul pun tak sekedar satu jenis, tapi lebih dari dua jenis kanker. Gangguan pernafasan adalah masalah kesehatan lain yang dipicu oleh zat kimia yang ada dalam rokok. Itulah mengapa setiap perokok harus segera menemukan cara jitu berhenti merokok yang efektif.

Ketika membicarakan mengenai alasan yang efektif untuk berhenti merokok, sebenarnya ada banyak cara untuk diikuti. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa menjauhkan rokok dari hidup perokok.

· Pertama yang dibutuhkan tentu sebuah niat, tekad dan ketegasan. Akan percuma bila seorang perokok tidak punya niat untuk bisa berhenti merokok. Dalam hal ini, tekad bisa diwujudkan dalam bentuk jadwal dan target untuk berhenti merokok yang harus diikuti.

· Selain itu, perokok bisa mulai menggunakan rencana keuangan dan mulai menghilangkan pengeluaran untuk membeli rokok. Secara perlahan, rencana keuangan itu perlu diperketat sehingga tidak ada pengeluaran untuk membeli rokok.

· Keluarga menjadi faktor yang tidak bisa dilepaskan. Keluarga perlu juga mendukung.

Lalu, cara jitu berhenti merokok selanjutnya adalah dengan memperbanyak kesibukan untuk mengisi waktu luang, sehingga seseorang bisa lupa dengan kebiasaan merokoknya.

No comments:

Post a Comment